Minggu, 26 Januari 2014

Soal-soal Uji Kompetensi pada Buku Tata Kecantikan Rambut untuk SMK

 

Soal-soal Uji Kompetensi pada Buku Tata Kecantikan Rambut untuk SMK

 

Uji Kompetensi Bab 2

Guna mengukur kemampuan siswa dalam kompetensi anatomi dan fisiologi rambut sebagai dasar pengetahuan dalam tata kecantikan rambut, perlu diberikan tes kompetensi.

Kompetensi yang diharapkan dari materi di atas adalah:

  1. Menerapkan pengetahuan struktur dan fungsi rambut.

  2. Mengidentifikasi/mengelompokkan kelainan-kelainan rambut.

  3. Menerapkan pengetahuan anatomi, struktur dan fungsi rambut.

  4. Menerapkan pengetahuan fisiologi rambut.

x Kompetensi ini diperlukan untuk melakukan perawatan kulit kepala dan rambut. x Soal: Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan benar.

  1. Jelaskanlah struktur dan fungsi rambut.!

  2. Faktor-faktor apa yang menyebabkan terjadinya kelainan-kelainan rambut.?

  3. Jelaskanlah kelainan-kelainan yang terjadi pada kulit kepala dan rambut.!

  4. Apa tujuan melakukan diagnosa kulit kepala dan rambut.? Jelaskanlah!

x Tugas kelompok Siswa melakukan analisa kulit kepala dan rambut pada model (minimal 4 orang yang berbeda). Masing-masing kelompok berjumlah 2 orang.

x Tugas Mandiri Siswa mengelompokkan kelainan-kelainan yang ada pada kulit kepala dan rambut.

 

Uji Kompetensi Bab 3

Agar kemampuan siswa dalam kompetensi tentang prinsip kesehatan dan keselamatan kerja tata kecantikan rambut yang merupakan dasar pengetahuan bagi penata rambut, maka perlu diberikan tes tentang kompetensi tersebut. x Kompetensi yang diharapkan dari materi di atas adalah:

  1. Menerapkan tertib kerja berdasarkan peraturan kesehatan dan keselamatan kerja.

  2. Menyiapkan dan menjaga kebersihan area kerja.

  3. Memelihara peralatan dan perlengkapan kerja.

  4. Menerapkan prosedur perawatan darurat.

x Soal: Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan ringkas.

  1. Jelaskanlah tujuan dari peraturan kesehatan dan keselamatan kerja bagi seorang penata rambut.!

  2. Hal-hal apa yang perlu diperhatikan dalam menciptakan lingkungan yang nyaman bagi pelanggan.?

  3. Jelaskanlah pentingnya etika dan estetika kecantikan rambut bagi seorang hair drasser.!

  4. Faktor apa yang perlu diperhatikan dalam memelihara area kerja.?

  5. Jelaskanlah cara pemeliharaan peralatan dan perlengkapan kerja.!

  6. Apabila terjadi kecelakaan kecil dalam perawatan seperti pelanggan terkejut dan sesak napas pada saat pemakaian steamer. Jelaskan tindakan darurat yang harus kamu lakukan.!

x Tugas kelompok Siswa melakukan observasi lapangan (ke salon kecantikan) tentang prosedur keselamatan kerja. Buatlah laporannya.

x Tugas mandiri Siswa mengelompokkan jenis-jenis peralatan dan cara memeliharanya pada salon kecantikan.

 

Uji Kompetensi Bab 4

Untuk mengukur kemampuan siswa dalam kompetensi kosmetika sebagai dasar pengetahuan kecantikan rambut, maka perlu diberikan tes dari kompetensi tersebut. x Kompetensi yang diharapkan dari materi ini adalah:

  1. Menerapkan pengetahuan kimia kosmetika.

  2. Menerapkan pengetahuan produk kosmetika.

  3. Menentukan produk kosmetika yang tepat.

x Soal: Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan benar.

  1. Jelaskanlah jenis-jenis produk kosmetika untuk perawatan rambut.!

  2. Hal-hal apa yang harus diperhatikan dalam memilih kosmetika perawatan rambut.?

  3. Jelaskan hal apa yang perlu diperhatikan di dalam pemeliharan kosmetika perawatan dan penataan rambut.?

  4. Uraikan efek samping dari kosmetika yang mengandung unsurunsur kimia terhadap kulit kepala dan rambut.!

x Tugas kelompok Siswa melakukan latihan cara menyimpan/memelihara setiap jenis kosmetika rambut dengan benar (satu kelompok terdiri dari 2 orang).

x Tugas mandiri Kelompokkanlah jenis-jenis kosmetika rambut dengan melakukan observasi pasar dan buat laporannya.

 

Uji Kompetensi Bab 5

Agar kemampuan siswa dapat diukur dalam kompetensi perawatan kulit kepala dan rambut perlu diadakan tes kompetensi sebagai berikut:

x Kompetensi yang diharapkan dari materi di atas adalah:

  1. Siswa dapat mencuci rambut.

  2. Siswa dapat merawat kulit kepala dan rambut.

  3. Siswa dapat mengeringkan rambut dengan alat pengering.

  4. Siswa dapat merawat dan membentuk hair piece.

x Soal: Petunjuk: Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas.

  1. Hal-hal apa yang harus diperhatikan sebelum melakukan pencucian rambut.? Jelaskanlah !

  2. Apa tujuan melakukan diagnosa kulit kepala dan rambut.?

  3. Faktor apa yang harus diperhatikan sebelum melakukan penyampoan.?

  4. Jelaskan 4 manfaat massage pada saat melakukan creambath.!

  5. Akibat apa yang ditimbulkan apabila pembilasan tidak sempurna/bersih. Jelaskanlah !

  6. Uraikan proses merawat kulit kepala dan rambut secara kering.!

  7. Efek apa yang ditimbulkan bila terlalu sering menggunakan hand hair drayer pada rambut.?

  8. Jelaskanlah tujuan dari penguapan pada saat melakukan creambath.?

  9. Terangkanlah bagaimana cara pemakaian hair piece yang benar.?

  10. Kiat apa yang perlu diperhatikan supaya pelanggan tetap tertarik.? Jelaskan.

x Tugas kelompok Siswa melakukan diagnosa kulit kepala dan rambut, masing-masing kelompok berjumlah 2 orang.

x Tugas mandiri Siswa melakukan praktek peyampoan dan creambath pada pelanggan.

 

 

 

 

 

 

 

Download Buku Tata Kecantikan Rambut

Tata Kecantikan Rambut

Caleg Pilihan Radar Banten

Caleg Waringinkurung Serang

Caleg Kramatwatu Serang

Caleg Bojonegara Serang

Caleg Pulo Ampel Serang

Caleg Gunungsari Serang

DPRD Kabupaten Serang

DPRD Serang

DPRD Serang Banten

Jual murah Domain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook Comments